Pengembangan Manajemen untuk Karyawan


Pengembangan penting untuk karyawan, khususnya untuk para manajer. Pengembangan manajer harus dipandang sebagai cara untuk menanamkan pengetahuan dan pertimbangan yang diperlukan oleh para manajer untuk memenuhi tujuan strategis dari organisasi. Diantara keterampilan-keterampilan ini adalah memimpin, mengatasi perubahan-perubahan, membina dan menasihati para bawahan, mengawasi operasi, dan memberikan masukan umpan balik.

Gambar Pengalaman Yang Berpengaruh Terhadap Manajer
Transisi Pekerjaan
Dipaksa untuk berhadapan dengan pekerjaan, persoalan, orang-orang, dan tanggung jawab yang betul-betul baru.
Karakteristik Tugas
Memulai atau mengubah beberapa faktor utama, mengembangkan tanggung jawab besar, butuh mempengaruhi orang lain tanpa suatu otoritas yang formal.
Hambatan-hambatan
Situasi kerja yang buruk, atasan yang sulit, klien yang sulit, rekan kerja yang tidak mendukung, kondisi ekonomi yang negatif.

Pengalaman merupakanbagian penting dari pengembangan manajemen. Bahkan, pengalaman lebih memberikan kontribusi kepada pengembangan dari para manajer senior, daripada yang diberikan oleh pelatihan dalam kelas, karena banyak dari pengalaman ini muncul dalam berbagai kondisi di pekerjaan sepanjang waktunya. Pengalaman dengan berbagai situasi memberikan kontribusi terhadap pengembangan manajemen, dan membuat para manajer semakin bernilai.
Keberhasilan perusahaan pastinya tidak akan pernah bisa lepas dari sistem manajemen yang baik. Manajemen itu sendiri merupakan sistem pengontrol yang akan mengarahkan kemana tujuan perusahaan akan di bawa. Jika sistem manajemen organisasi adalah sistem yang baik, maka pastinya akan membawa keberhasilan untuk organisasi atau perusahaan itu sendiri. Itulah sebabnya perusahaan sangat membutuhkan pengembangan manajemen kinerja yang efektif untuk membantu mewujudkan visi dan misi perusahaan. Tujuan dari pengembangan manajemen kinerja yang efektif itu sendiri diharapkan akan mampu memperbaiki sistem manajemen yang kurang baik. Selain itu, pengembangan manajemen ini juga bertujuan untuk membantu memperbaiki kinerja karyawan yang mungkin kurang maksimal. Padahal dibalik bakat yang dimiliki oleh para karyawan sangat mungkin menghasilkan inovasi yang besar hingga akhirnya mampu mengantarkan perusahaan menuju keberhasilan tertinggi.
Berbicara mengenai manajemen, memang tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya karyawan. Bagaimanapun juga, karyawan merupakan bagian penting yang akan menjalankan manajemen perusahaan. Oleh sebab itu, ketika akan memperbaiki manajemen bisnis, maka juga harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan potensi karyawan. Jika hal ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh perusahaan, maka karyawan akan memberikan kontribusi yang sangat luar biasa untuk perusahaan. Pentingnya peran manajemen itulah, pengembangan manajemen kinerja yang efektif sangat dieprlukan. Dengan harapan, SDM yang dimiliki oleh perusahaan adalah SDM yang memiliki motivasi dan kinerja yang bagus, hingga akhirnya apa yang menjadi tujuan perusahaan bisa tercapai. Ada beberapa bagian yang terjadi pada pengembangan manajemen kinerja yang efektif, diantaranya adalah:
a.       Evaluasi
Evaluasi ini dibutuhkan untuk mepersiapkan manajer yang mampu menjalankan tugasnya secara maksimal. Dalam hal ini manajer dengan penilaian multi umpan balik dengan mengamati orang-orang penting dalam organisasi akan menjadi motivasi tersendiri bagi setiap manajer.
Misalnya ketika mereka mengamati karyawan, atasan, atau mungkin rekan kerja lainnya akan menjadi sumber inspirasi dan motivasi dalam membuat keputusan. Jadi,jika selama ini sang manajer merasa kinerjanya kurang bagus maka akan termotivasi untuk berubah ketika melihat orang-orang yang ada di sekitarnya.
b.      Analisa
Analisis ini merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh seorang manajer untuk mengetahui kondisi individu atau mungkin anggota organisasi. Analisa ini merupakan motivator yang sangat efektif untuk perusahaan khususnya para manajer dalam mewujudkan kinerja manajer dan karyawan yang labih baik. Melalui proses analisa ini juga akan membantu mempererat hubungan dan komunikasi antara manajer dan anggotanya yang pastinya akan mempererat hubungan kerja mereka.
Dengan demikan, suatu organisasi akan terjalin lebih erat untuk bersama-sama membangun organisasi atau perusahaan menuju yang lebih baik.
c.       Pengembangan program manajemen merupakan proses inti dalam menjalankan tahap pengembangan manajemen kinerja yang efektif. Program manajemen yang terorganisir dengan baik akan memperbaiki kinerja secara lebih efektif. Pengembangan manajemen ini memang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki kinerja dengan harapan perusahaan bisa mencapai hasil yang lebih bagus.
Bagaimanapun juga praktek manajemen kinerja yang tidak efektif akan berdampak pada kinerja yang buruk. Akibatnya, kondisi ini bisa berdampak negatif untuk perkembangan perusahaan.
Hal-hal yang perlu dinilai dalam membangun kinerja secara efektif diantaranya adalah: komunikasi, tugas manajemen, efisiensi, pengembangan pribadi, motivasi dan lain sebagainya.
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan . Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.