Tujuan Orientasi Bagi Pengusaha


Tujuan orientasi adalah untuk membantu karyawan belajar mengenai organisasi secepat mungkin, sehingga mereka dapat mulai memberikan kontribusi. Dari perspektif pengusaha, orientasi mempunyai beberapa tujuan spesifik yang akan digambarkan berikut ini, yaitu:
·         Peningkatan produktifitas adalah baik pengusaha maupun karyawan menginginkan setiap individu untuk segera memulai bekerja, untuk menjadi produktif secepat mungkin. Beberapa pengusaha, termasuk perusahaan akuntan besar memberikan karyawan komputer baru dan akses internet sebagai hal yang diterima dalam penawaran kerja. Dengan cara itu, karyawan baru dapat lebih mengenal organisasi dan operasi kerjanya bahkan sebelum mereka memulai program  orientasi yang sesungguhnya.
Bagian lain dari orientasi yang mempengaruhi produktifitas adalah pelatihan kepada karyawan baru tentang cara-cara yang tepat untuk mengerjakan pekerjaan mereka.
·         Pengurangan Tingkat Keluar Masuk Karyawan adalah pengusaha telah mengalami tingkat keluar masuk karyaan (turn over) yang signifikan dari para karyawan yang baru direkrut, dan hal ini umum bagi setengah dari karyawan baru yang bekerja di pekerjaan harian, dimana mereka meninggalkan pekerjaan mereka dalam satu tahun pertama mereka bekerja.
·         Pengenalan Organisasi adalah menginformasikan kepada karyawan baru mengenai sifat dari organisasi itu sendiri. Pengenalan organisasi secara umum termasuk pandangan singkat mengenai organisasi, sejarahnya, struktur, para pimpinan kunci, tujuan, produk, dan pelayanan dari organisasi tersebut.
·         Memperbaiki Kinerja Karyawan-Karyawannya yang bekerja secara tidak memuaskan karena kekurangan keterampilan merupakan calon utama pelatihan, kendatipun tidak dapat memecahkan semua masalah kinerja yang efektif, progaram pelatihan dan pengembangan yang sehat sering berfaedah dalam meminimalkan masalah ini.
·         Memuktahirkan Keahlian Para Karyawan sejalan dengan kemajuan teknologi. Melalui pelatihan, pelatih memastikan bahwa karyawan dapat megaplikasikan teknologi baru secara efektif. Perubahan teknologi pada gilirannya, berarti bahwa pekerjaan senantiasa berubah dan keahlian serta kemampuan karyawan haruslah dimuktahirkan melalui pelatihan, sehingga kemajuan teknologi dapat diintegrasikan dalam organisasi secara sukses.
·         Mengurangi Waktu Pembelajaran Bagi Karyawan Baru agar kompeten dalam pekerjaan. Seorang karywan baru acap kali tidak menguasai keahlian dan kemampuan yang dibutukan untuk menjadi ”job comotent” yaitu mencapai output dan standar mutu yang diharapkan.
·         Membantu Memecahkan Masalah Operasional. Para manejer harus mencapai tujuan mereka dengan kelangkaan dan kelimpahan suber daya: kelangkaan sumberdaya finansial dan sumberdaya teknologis manusia (human tecnilogical resourse), dan kelimpahan masalah keuangan, manusia dan teknologis.
·         Mempersiapkan Karyawan Untuk Promosi satu cara untuk menarik, menahan, dan memotivasi karyawan adalah melalui program pengembangan karir yang sistematis. Pengembangan kemampuan promosional karyawan konsisten dengan kebijakan sumber daya manusia untuk promosi dari dalam: pelatihan adalah unsur kunci dalam sistem pengembangan karir. Dengan secara berkesinambungan mengembangkan dan mempromosikan sumber daya manusianya melalui pelatihan, manejer dapat menikmati karyawan yang berbobot, termotivasi dan memuaskan.
·         Mengorientasikan Karyawan Terhadap Organisasi, karena alasan inilah, beberapa penyelenggara orientasi melakukan upaya bersama dengan tujuan mengorientasikan para karyawan baru terhadap organisasi dan bekerja secara benar.
·         Memenuhi Kebutuhan Pertumbuhan Pribadi. Misalnya sebagian besar manajer adalah berorientasi pencapaian dan membutuhkan tantangan baru dipekerjaannya. Pelatihan dan pengembangan dapat memainkan peran ganda dengan menyediakan aktivitas-aktivitas yang menghasilkan efektifitas organisasional yang lebih besar dan meningkatkan pertumbuhan pribadi bagi semua karyawan.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan . Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.
 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat