PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA
- Bagian ini membahas tentang tanggung jawab perencanaan Sumber Daya Manusia, pentingnya perencanaan Sumber Daya Manusia dalam organisasi yang kecil serta proses perencanaan Sumber Daya Manusia.

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA

Tanggung Jawab Perencanaan Sumber Daya Manusia
Pada kebanyakan organisasi yang melakukan perencanaan Sumber Daya Manusia, jenjang tertinggi dari eksekutif Sumber Daya Manusia dan staf khusus bawahannya memiliki sebagian besar tanggung jawab di dalam perencanaan ini.
Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Kecil
Manajemen Sumber Daya Manusia dan perencanaan Sumber Daya Manusia adalah penting pada organisasi kecil. Masalah manusia berada diantara hal yang paling krusial bagi pemilik usaha kecil dan bersifat wiraswasta.
Proses Perencanaan Sumber Daya Manusia

Tahapan dari proses perencanaan Sumber Daya Manusia ada pada gambar 2-4.  Strategi Sumber Daya Manusia adalah alat yang digunakan untuk membantu organisasi dalam mengantisipasi dan mengatur penawaran dan permintaan Sumber Daya Manusia. Perencanaan Sumber Daya Manusia memberikan petunjuk masa depan, menentukan dimana tenaga kerja dapat diperoleh, kapan tenaga kerja akan dibutuhkan, dan pelatihan serta pengembangan jenis apa yang harus dimiliki oleh tenaga kerja.