TRANSISI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA


Peran manajemen sumber daya manusia terhadap suksesnya suatu organisasi. Tingkat efektivitas mempengaruhi kinerja suatu organisasi, sebesar atau sekecil apapun organisasi tersebut. Sumber daya manusia ikut berperan dalam pengembangan strategi usaha dan menjadikan dimensi sumber daya manusia sebagai faktor yang harus ikut dipertimbangkan.  Contohnya, manajer SDM untuk bagian produksi yang memiliki 600 tenaga kerja mempunyai tugas untuk membuat keputusan-keputusan mengenai alur pekerjaan, produksi, penjadwalan, dan keputusan lain yang menyangkut produksi. Hal ini bisa diartikan bahwa ia harus dapat diterima oleh para tenaga kerja bagian produksi yang sebagian besar terdiri dari tenaga kerja harian.
“Sumber daya manusia didefinisikan bukan terletak pada apa yang sumber daya manusia lakukan, tetapi apa yang sumber daya manusia hasilkan”. (David Ulrich). Karena SDM dipandang semakin besar peranannya bagi kesuksesan suatu organisasi, maka banyak organisasi yang kini menyadari bahwa unsur “manusia” dalam organisasi dapat memberikan keunggulan dalam bersaing. Manjemen SDM berhubungan dengan sistem rancangan formal dalam suatu organisasi untuk menentukan efektivitas dan efisiensi dilihat dari bakat seseorang untuk mewujudkan sasaran atau organisasi. Dalam suatu organisasi, manajemen SDM mencakup perekrutan, kompensasi, pelatihan, dan pengembangan.
Beberapa terminologi bidang ini mengalami masa transisi. Dulu disebut departemen personalia, tetapi sekarang banyak dinamakan Departemen Sumber Daya Manusia. Lebih dari sekedar nama yang berubah, Manajemen SDMselalu akan tetap fokus pada manusia di dalam sebuah organisasi.
Dalam era kekinian, banyak perusahaan khususnya perusahaan besar yang menamakan tenaga kerjanya sebagai Human Capital. Penyebutan Human Capital merupakan bentuk aktualisasi Manajemen terhadap pentingnya SDM sebagai salah asset perusahaan guna mewujudkan tujuan kerjanya.
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja. Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop,seminar,coaching peningkatan kinerja manajemen.
 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.