Riset dalam Mengidentifikasikan Nilai Ekonomis dan Pelatihan


Dalam banyak organisasi, pengeluaran besar dibuat untuk pelatihan. Akan tetapi apakah pengeluaran tersebut menghasilkan nilai dan dampak ekonomis bagi organisasi yang melakukan pengeluaran tersebut, belum dapat diidentifikasikan secara jelas.
Pelatihan Iebih terarah pada peningkatan kemampuan dan keahlian SDM organisasi yang berkaitan dengan jabatan atau fungsi yang menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan saat ini (current job oriented). Sasaran yang ingin dicapai dan suatu program pelatihan adalah peningkatan kinerja individu dalam jabatan atau fungsi saat ini. Sehubungan dengan itu perlu diketahui ciri-ciri pelaksanaan program pelatihan yang efektif agar pendanaan yang cukup besar tidak menjadi pemborosan dan tujuan perusahaan tercapai secara maksimal, ciri-ciri pelaksanaan yang efektif dimaksud adalah:
a.       Top manager (pimpinan puncak) menunjukan sikap dan menerima bahwa pelaksanaan pelatihan termasuk pengembangan adalah tanggung jawabnya atau tanggung jawab organisasi.
b.      Pelatihan sangat tegantung pada strategi dan tujuan bisnis, yang di jabarkan menjadi kegiatan bisnis jangka pendek dan jangka sedang ,dan kemudian menjadi sumber bagi proses penyusunan analisis pekerjaan/jabatan
c.       Pelatihan harus dilaksanakan dengan pendekatan komprehensif dan sistematik. Pendekatan ini penting karena setiap pekerja dan atau unit kerja, tidak mungkin mewujudkan pekerjaan secara efektif dan efisien tanpa dipengaruhi dan mempengaruhi pekerjaan dan atau unit kerja yang lain. Pendekatan komprehensifdan sistematik, bermakna juga kegiatan pelatihan harus dilakukan secara kontiyu dan berulang-ulang dengan pertahanan yang teratur.
d.      Pimpinan puncak (top manajer) dan para menejer lainnya menerima komitmen untuk menempatkan kegiatan pelatihan sama pentingnya dalam kegiatan bisnis lainnya, yang memerlukan penyediaan anggaran, dan diperhitungkan sebagai pembiayaan (cost) perusahaan serta penyediaan waktu yang cukup untuk pelaksanaan.
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan . Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.