MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI KONTRIBUTOR STRATEGIS USAHA


Salah satu perubahan penting yang menjadi penekanan Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai kontributor strategis usaha. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh akademisi, sumber daya manusia adalah mitra strategis usaha. Penegasan ini memiliki beberapa fase.
Pencapaian Kinerja Organisasi
Kinerja suatu organisasi dapat dilihat dari seberapa efektif dan bagaimana pelayanan dari suatu organisasi. MSDMdihubungkan dengan kinerja organisasi yaitu dengan mendemostrasikan secara terus-menerus bahwa aktivitas dan usaha Sumber Daya Manusia memberikan kontribusi kepada hasil keuangan organisasi.
Meningkatkan Nilai Sumber Daya Manusia
Sasaran lain dari MSDMdan eksekutif operasi dan manajer adalah untuk meningkatkan nilai sumber daya manusia pada sebuah organisasi. Bagian terpenting dari peningkatan nilai sumber daya manusia adalah dengan mendayagunakan semua bakat orang-orang yang ada dalam organisasi dan mengambil kumpulan variasi di luar organisasi. (Gambar dibawah adalah prioritas Sumber Daya Manusia.)
prioritas Sumber Daya Manusia

   Gambar Prioritas Sumber Daya Manusia
Menghasilkan Sistem Kepatuhan yang Efektif Biaya
Bagian ketiga dari MSDMadalah menghasilkan pelayanan dan kegiatan sumber daya manusia yang efektif dalam biaya dan harus patuh pada undang-undang dan peraturan yang berlaku. Peran dari sumber daya manusia adalah untuk meyakinkan organisasi dan manajer serta tenaga kerja agar mengetahui peraturan dan manajemen sumber daya manusia mengurangi kemungkinan tuntutan hukum serta mematuhinya. Dua aspek yang harus dipertimbangkan dalam hal ini adalah kepatuhan hukum dan sistem administrasi.
Beberapa bidang yang harus dikelola sehari-hari oleh staf SDMsebagai berikut:
1.      Kesetaraan kesempatan kerja                     
2.      Pencegahan pelecehan seksual                    
3.      Keuntungan kesehatan                               
4.      Laporan kepatuhan pension
5.      Cuti keluarga
6.      Keselamatan dan kesehatan kerja
7.      Keluhan serikat tenaga kerja
8.      Akomodasi untuk yang cacat
Kesimpulanya, praktisi sumber daya manusia harus memberi justifikasi biaya keberadaan mereka dan menjalankan kegiatan sumber daya manusia secara efisien dan tanggap.
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja. Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop,seminar,coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.