Peran Adm. MSDM vs Peran Operasional MSDM


Peran Administrasi Manajemen Sumber Daya Manusia
Peran administrasi sumber daya manusia banyak ditekankan pada memproses dan menyimpan catatan. Semua kegiatan harus dilakukan tepat waktu dan efisien.
Dalam dunia yang mengedepankan teknologi, peran administrasi saat ini sudah banyak yang diambil alih oleh system atau computer, sehingga pengelolaan administrasi kepegawaian atau SDM dilakukan secara terpusat melalui komputer besar (server) yang dapat diakses dengan mudah baik oleh pegawai yang bersangkutan atau oleh manajemen. Tentu dengan tetap menjaga kerahasiaan sistem kepegawaian atau SDM.
Peran Operasional Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
Fungsi operasional dalam MSDM, merupakan dasar pelaksanaan proses MSDM yang efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan. Fungsi operasional tersebut terbagi lima, secara singkat sebagai berikut:
·         Fungsi Pengadaan
Adalah proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan perusahaan.
·         Fungsi Pengembangan
Adalah proses peningkatan keterampilan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
·         Fungsi Kompensasi
Adalah pemberian balas jasa langsung dan tidak langsung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada perusahaan. Prinsip kompensasi adalah adil dan layak sesuai prestasi dan tanggung jawab karyawan tersebut.
·         Fungsi Pengintegrasian
Adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan keutuhan karyawan, sehingga tercipta kerjasama yang serasi dan saling menguntungkan. Dimana pengintegrasian adalah hal yang penting dan sulit dalam MSDM, karena mempersatukan dua aspirasi atau kepentingan yang bertolak belakang antara karyawan dan perusahaan.

·         Fungsi Pemeliharaan
Adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka panjang. Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja. Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop,seminar,coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.