KOMPETENSI DAN KARIER MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA


Sejalan dengan semakin rumitnya manajemen SDM, permintaan akan orang yang mengkhususkan karier dalam bidang sumber daya manusia semakin meningkat. Perubahan yang terjadi pada bidang sumber daya manusia diikuti oleh perubahan pada kompetensi dan kemampuan dari seseorang yang mengkonsentrasikan diri pada MSDM. Ada tiga paket kemampuan yang penting yang harus dimiliki praktisi sumber daya manusia, yaitu:
Ø  Pengetahuan tentang bisnis dan organisasi
Ø  Pengaruh dan perubahan manajemen
Ø  Pengetahuan dan keahlian Sumber Daya Manusia yang spesifik
Pengetahuan Tentang Bisnis dan Organisasi
Praktisi sumber daya manusia harus memiliki pengetahuan dan strategi suatu organisasi. Ini berarti bahwa mereka juga harus memiliki pengertian tentang keuangan, teknologi dan fase lain dari industri dan organisasi.
Manajemen SDMharus memahami practically bisnis perusahaan, bisnis plan perusahaan jangka pendek, menengah dan panjang, kondisi persaingan dan potensi pasar serta karakter masyarakat baik sebagai customer maupun sebagai pemasok tenaga kerja.
Pengetahuan dan skill ini sangat penting, meski tidak harus dominan, karena MSDMadalah gerbang pertama perusahaan yang mencari, merekrut, menseleksi dan mengelola aset yang bernama tenaga kerja. Semakin cakap praktisi sumber daya manusia memahami pengetahuan tersebut akan semakin mumpuni tenaga kerja yang dimiliki oleh perusahaan.
Pengaruh dan Perubahan Manajemen
Kunci kemampuan lain yang dibutuhkan oleh praktisi sumber daya manusia adalah kemampuan untuk mempengaruhi yang lain dan mendampingi perubahan yang terjadi pada organisasi.
Pengetahuan dan Keahlian yang Spesifik dari Sumber Daya Manusia
Praktisi sumber daya manusia membutuhkan pengetahuan yang cukup tentang hukum pajak, keuangan, statistikatau komputer. Sertifikasi salah satu karakter dari bidang profesional dimana sertifikasi tersebut memiliki peran yang semakin penting untuk sumber daya manusia generalis dan spesialis.


(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja. Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.
 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.