Konsekuensi dari Rancangan Pekerjaan


Pekerjaan yang dirancang agar dapat memperoleh keuntungan dari karakteristik pekerjaan yang penting ini lebih mungkin secara positif diterima oleh tenaga kerja. Karena pengaruh dari rancangan pekerjaan tersebut pada kinerja, kepuasan tenaga kerja, dan kesehatan serta banyak lagi faktor lainnya.
Dalam rancangan pekerjaan ada tiga hal penting untuk diperhatikan :
a.       Rancangannya harus mencerminkan pemenuhan tuntutan lingkungan
b.      Mencapai hasil dan kepuasan pekerjaan yang maksimal
c.       Para pelaksana harus mampu berperan sebagai umpan balik
Perancangan suatu pekerjaan mencerminkan elemen organisasi, lingkungan, dan tingkah laku. Para ahli perancang pekerjaan mengambil elemen ini sebagai bahan pertimbangan menciptakan pekerjaan yang memuaskan dan produktif. Setiap elemen rancangan pekerjaan mempunyai nilai penting yang berbeda-beda tergantung orang yang merancang. Produktivitas tenaga kerja dan kepuasan kerja akan memberikan umpan balik, seberapa baik suatu pekerjaan dirancang. Rancangan pekerjaan yang kurang baik akan memberikan produktivitas rendah, tenaga kerja sering berpindah, ketidakhadiran, keluhan, sabotase, perpecahan dan problem lain. Dengan demikian, elemen atau unsur-unsur yang mempengaruhi dalam rancang pekerjaan adalah unsur organisasi, unsur lingkungan disekitarnya dan tingkah laku.
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja.