KOMPENSASI INTERNASIONAL


Kompensasi yaitu setiap pembayaran atau imbalan yang diberikan dan timbul dari kinerja karyawan. Kompensasi internasional melibatkan para ekspatriat. Dengan begitu, organisasi-organisasi dengan tenaga kerja yang terdapat diberbagai negara menghadapi masalah kompensasi yang berbeda. Keanekaragaman hukum, biaya hidup, pajak, dan faktor-faktor lainnya harus dipertimbangkan dalam membuat dan menghitung nilai kompensasi yang diberikan kepada tenaga kerja asing. Selain itu, fluktuasi nilai tukar juga harus diperhatikan dan disesuaikan. Sebagai tambahan terhadap hal-hal tersebut, kebutuhan untuk mengkompensasi tenaga kerja dengan biaya perumahan, sekolah bagi anak-anak, dan biaya transportasi tahunan untuk kembali ke negara asal bagi tenaga kerja dan keluarga mereka. Ketika semua masalah tersebut dipertimbangkan, maka dapat dilihat bahwa kompensasi bagi ekspatriat sangatlah kompleks.
Komponen kompensasi ekspatriat yang khas, diantaranya:
a.       Tunjangan meninggalkan rumah  dan perjalanan.
b.      Bonus untuk tugas keluar negeri dan kesuksesan
c.       Tunjangan relokasi dan pindah
d.      Tunjangan perumahan
e.       Penyesuaian untuk biaya hidup
f.       Pembayaran perbedaan atas pajak
g.      Tunjangan pendidikan untuk anak-anak
Ada beberapa pendekatan kompensasi internasional yang digunakan yaitu pendekatan neraca, pendekatan pasar global, dan pajak.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja.