Teknik Wawancara

   
 Siapa yang Melakukan wawancara?
Wawancara dapat dilaksanakan secara  individual, oleh beberapa  orang secara berurutan, atau oleh panel-panel  atau tim-tim pewawancara.  Untuk beberapa pekerjaan, seperti pekerjaan tingkat pemula dan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan yang lebih sedikit, para pelamar hanya diwawancarai oleh seorang staf SDM.
v  Sebuah wawancara panel (panel interview), beberapa pewawancara mewawancarai kandidat pada saat yang sama. Semua pewawancara mendengar respons-respons yang sama. Untuk menyeleksi seorang manajer pemasaran yang baru dalam sebuah perusahaan distribusi, tiga direktur mewawancarai dua kandidat puncak setelah Direktur Penjualan mengadakan wawancara individual untuk menyebutkan dua kandidat tersebut.
v  Wawancara tim (team interview) di mana para pelamar diwawancarai oleh “anggota-anggota tim” dengan siapa pelamar tersebut akan bekerja kelak. Sebuah prosedur penyeleksian di mana tim  tersebut memberikan suara untuk keputusan akhir mungkin tidak pantas; biasanya keputusan tersebut harus dibuat oleh  konsensus, yang mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama. Beberapa pemberi kerja menggunakan wawancara dengan video untuk menambah atau menggantikan wawancara telepon secara menyeluruh. Penggunaan wawancara video yang paling besar dilakukan oleh korporasi-korporasi besar, perusahaan-perusahaan perekrutan eksekutif, serta kantor-kantor penempatan perguruan tinggi dan universitas.
v  Wawancara video digunakan untuk mengurangi jumlah sekumpulan kandidat menjadi dua atau tiga kandidat yang kemudian diwawancara sendiri.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan . Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.