Pengembangan SDM dalam Karir - Pengembangan di dalam Dunia Olahraga Profesional
Pengembangan jangka panjang yang berhasil adalah sesuatu yang diinginkan oleh kebanyakan pengusaha terhadap karyawannya. Akan tetapi, berbeda dengan pelatihan yang secara relatifterdefinisikan dengan lebih baik dan lebih berorientasi pada pekerjaan. Ketika skandal menjadi semakin umum di kalangan atlet, maka semakin banyak tim yang menawarkan program pengembangan olahragawan untuk melindungi investasi jutaan dolar mereka. Contohnya, Asosiasi Bola Basket Nasional (National Basketball Association-NBA) memiliki seminar bagi para pemain pemula mengenai beberapa potensi gangguan seperti kumpulan fans yang fanatik, judi, dan minuman keras.
Ketika strategi-strategi organisasi tampak melibatkan re-organisasi dan pengurangan yang tidak berkesudahan, adalah sulit untuk menentukan apa karier itu, demikian juga bagaimana caranya mengembangkan karier tersebut. Ada tigafaktor yang tampaknya benar-benar mengubah bagaimana pengembangan karyawan saat ini:
·         Jenjang karier yang meningkat untuk manajemen tingkat menengah di dalam organisasi sudah berubah, bahkan pada kondisi tertentu digantikan oleh komputer.
·         Banyak perusahaan yang mempertajam fokus mereka pada kompetensi inti, mengurangi kebutuhan akan beberapa jenis manajer tertentu
·         Pekerjaan yang berdasarkan proyek semakin berkembanag, membuat karier menjadi sejumlah proyek belaka, bukan langkah-langkah yang meningkat sebagaimana yang diberikan di dalam organisasi.
Industri olahraga merupakan sebuah industri yang menciptakan nilai tambah dengan memproduksi dan menyediakan olahraga yang berkaitan dengan peralatan dan layanan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa yang dimaksud olahraga dan olahraga yang berkaitan dengan barang dan jasa adalah peralatan/perlengkapan olahraga yang dibutuhkan dalam aktivitas olahraga, kompetisi olahraga, pelatihan, pesta olahraga, dan lain-lain baik produk nyata maupun yang tidak nyata. Batas-batas industri olahraga dapat diamati, tercermin dalam karakteristik penyediaan barang dan jasa, sebagaimana halnya aktivitas bisnis ekonomi, dan semakin jelas pula, bila diidentifikasi segmen-segmennya.
Industri olahraga merupakan industri multi-jutaan dolar dengan suatu jaringan komplek pada individu-individu dan klub-klub kaya, hak media, merchandise, kesepakatan-kesepakatan sponsorship, dan kontrak pemain yang menguntungkan. Dalam strategi industri olahraga dan rekreasi nasional Australia disebutkan bahwa industri olahraga telah memberikan kontribusi pada perbaikan ekonomi dan sosial secara signifikan. Lebih lanjut diterangkan juga bahwa industri olahraga meliputi sektor-sektor berikut;
a.       Professional services yang terdiri atas operasi pusat kebugaran, pelatih dan atlit profesional, dan kedokteran olahraga;
b.      Venues and Events yang terdiri atas perencanan, konstruksi, dan manajemen;
c.       Goods and Equipment yang terdiri atas penyediaan, pembuatan, dan pemasaran;
d.      Media yang terdiri atas cetak, televisi, kabel, satelit, dan internet.
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan . Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.