Pelatihan dan Orientasi Sebelum Keberangkatan


Pelatihan dan orientasi sebelum keberangkatan yang diterima oleh ekspatriat dan anggota keluarganya mempunyai pengaruh yang sangat penting terhadap keberhasilan penugasan ke luar negeri. Tiga wilayah yang mempengaruhi penyesuaian lintas budaya adalah: penyesuaian kerja, penyesuaian dalam berinteraksi dan penyesuaian umum. Untuk dapat menyerap semua pelatihan ini diperlukan pelatihan mengenai bahasa, pengenalan budaya, sejarah dan kondisi kehidupan disana, termasuk apa saja jenis pelatihan khusus yang perlu dilakukan oleh calon tenaga kerja internasional. Suatu  perusahaan yang mengkhususkan diri dalam program tersebut mengatur pendekatan empat langkah. Tingkat satu pelatihan berfokus pada dampak dari perbedaan budaya, dan pada peningkatan kesadaran peserta 'perbedaan tersebut dan dampaknya terhadap hasil bisnis. Tingkat dua pelatihan berfokus pada sikap, dan bertujuan pada bagaimana peserta untuk memahami bagaimana sikap (baik negatif dan positif) terbentuk dan bagaimana mereka mempengaruhi perilaku (misalnya, stereotip tidak menguntungkan mungkin mempengaruhi bagaimana manajer merespon dan memperlakukan nya atau karyawan asing barunya.) Akhirnya, Tingkattiga pelatihan memberikan pengetahuan faktual tentang negara target. Sementara, tingkat empat menyediakan membangun keterampilan dalam bidang seperti bahasa dan adaptasiketerampilan.
Ekspatriat dan keluarganya juga harus menerima secara detail pelatihan mengenai kebiasaan yang berlaku di negara yang akan dikunjungi. Pengetahuan yang mereka miliki dapat mempermudah mereka untuk berurusan dengan berbagai pihak di negara tujuan tersebut, tetapi juga ketika akan berkunjung ke luar negeri untuk tujuan bisnis. Jika perusahaan akan memberikan pelatihan lintas budaya, itu perlu secara mendalam dan dilakukan dengan hati-hati. Misalnya, pelatihan bahasa harus mencakup kesadaran komunikasi non-verbal, karena bervariasi begitu luas di seluruh dunia. Ketika tenaga kerja global di negara asing, mereka akan memerlukan bantuan. Pengaturan-pengaturan harus dibuat agar ada yang dapat memenuhi kebutuhan mereka dan membantu mereka. Memperoleh rumah, membuka rekening bank, mendapatkan surat izin mengemudi, pengaturan untuk pendaftaran sekolah bagi anak-anak tenaga kerja, dan fasilitas kesehatan merupakan hal-hal pokok ketika pindah ke kota yang baru, baik secara internasional maupun tidak. Namun, perbedaan budaya, bahasa dan hukum dapat menjadi hal yang rumit. Semakin cepat ekspatriat dan keluarganya dapat membantu kehidupan yang normal semakin baik penyesuaian yang akan terjadi, dan semakin sedikit kemungkinan kegagalan yang akan terjadi.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja.