RENCANA STRATEGIS SUMBER DAYA MANUSIA

RENCANA STRATEGIS SUMBER DAYA MANUSIA
Bahasan rencana strategis sumber daya manusia itu sangat eratberhubungan dengan perencanaan Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan oleh organisasi pada masa mendatang. Perencanaan strategis dapat didefinisikan sebagai proses mengindentifikasi tujuan organisasi dan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Pada gambar proses rencana staregis di bawah ini yang harus dikembangkan pada Sumber Daya Manusia.


proses rencana staregis



STRATEGI ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA
Berdasarkan pada kompetensi inti (core competency) oleh Hamel dan Prahalad, kompetensi inti yang memberikan keunggulan sebuah organisasi menghadapi persaingan. Kompetensi inti adalah kemampuan yang unik sebuah organisasi yang menciptakan nilai tinggi dan membedakan organisasi tersebut dari persaingan.
Sumber Daya Manusia sebagai Kompetensi Inti
Beberapa cara untuk menjadikan Sumber Daya Manusia sebagai kompetensi inti aalah dengan menarik dan mempertahankan tenaga kerja yang memiliki profesionalisme dan kemampuan khusus, membiayai pelatihan mereka, dan memberikan kompensasi agar dapat terus bersaing dengan organisasi lain.

Startegi Organisasi  Dasar Sumber
Pengakuan bahwa Sumber Daya Manusia memberikan kontribusi yang berkesinambungan pada keunggulan kompetitif suatu organisasi sudah mulai tumbuh. Ada 4 faktor yang disebut kerangka kerja yang disingkat menjadi VRIO (Value, Rareness, Imitability dan Organisasi) yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia adalah sebagai berikut :
Ë Nilai (Value): Sumber Daya Manusia yang dapat menciptakan nilai adalah Sumber Daya Manusia yang peka terhadap ancaman dan kesempatan dari luar. Dengan itu para tenaga kerja dapat membuat keputusan dan menjadi inovatif pada saat menghadapi perubahan lingkungan.
Ë Keunikan (Rareness) : Kemampuan khusus orang dalam organisasi memberikan keuntungan besar. Sangat penting Sumber Daya Manusia dalam suatu organisasi diberikan pelatihan dan pengembangan untuk menigkatkan kemampuannya.
Ë Kemampuan untuk Mencontoh (Imitability) : Sumber Daya Manusia memiliki nilai strategis khusus. Pesaing yang ingin mencoba mencontoh budaya Sumber Daya Manusia pada organisasi harus melakukan banyak perubahan pada aspek organisasi dan Sumber Daya Manusianya.
Ë Organisasi: Sumber Daya Manusia harus diorganisasi untuk memberikan kekuatan daya saing perusahaan.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja. Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.