Tanggung Jawab Orientasi


Orientasi menuntut kerjasama antara individu dengan unit Sumber Daya Manusia dan para manajer serta atasan lainnya. Di dalam organisasi yang kecil tanpa departemen Sumber Daya Manusia, seperti toko mesin, atasan langsung dari karyawan baru memiliki tanggung jawab penuh untuk orientasi. Di dalam organisasi yang besar, para manajer dan atasan langsung, sebagaimana juga departemen Sumber Daya Manusia, harus bekerja sebagai satu tim dalam orientasi karyawan baru.
Gambar Tanggung Jawab Orientasi menggambarkan suatu divisi yang umum dari tanggung jawab orientasi dimana para manajer bekerja sama dengan spesialis Sumber Daya Manusia untuk memberikan orientasi kepada karyawan baru. Bersama-sama mereka harus membangun proses orientasi yang akan menkomunikasikan hal-hal yang perlu dipelajari oleh karyawan baru.

Tanggung Jawab Orientasi

Kemudian, tanggung jawab terhadap orientasi dibagi antara bagian kepegawaian dan pengawas langsung. Bagian kepegawaian biasanya memperkenalkan karyawan mengenai masalah dan manfaat organisasi yang luas. Pengawas menangani pengenalan dan pelatihan di tempat kerja dan membantu karyawan menyesuaikan dengan kelompok kerja. Bagian kepegawaian dan pengawas perlu mengetahui beberapa kesulitan umum yang dapat mengurangi suksesnya program orientasi. Berikut adalah tanggung jawab keduanya, yaitu:
a.       Tidak terlalu banyak informasi untuk dimengerti dalam waktu singkat.
b.      Tidak hanya diberi tugas kasar yang mengecilkan hati, minat jabatan dan loyalitas organisasi.
c.       Tidak dibebani terlalu banyak formulir untuk diisi dan buku pedoman untuk dibaca.
d.      Tidak dipaksa dalam jabatan dengan orientasi kurang lengkap.
e.       Tidak dipaksa mengisi celah antara orientasi yang luas oleh bagian kepegawaian dan orientasi yang sempit pada tingkat bagian.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan . Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.