Wawancara yang Efektif


Keterampilan wawancara dikembangkan lewat pelatihan. Telah ada beberapa saran yang dikembangkan untuk membuat wawancara menjadi lebih efektif. Beberapa saran utama yang biasa disebutkan adalah sebagai berikut:
v  Penting untuk merencanakan wawancara. Para pewawancara harus meninjau informasi penyaringan pekerja, surat lamaran atau resume, dan deskripsi pekerjaan yang  tepat sebelum memulai wawancara dan kemudian menyebutkan bidang-bidang tertentu untuk tanya jawab selama wawancara.
v  Pengaturan wawancara meliputi pemahaman tentang jenis informasi yang harus dikumpulkan sebelumnya, pengumpulan informasi secara sistematis, dan pemberhentian ketika informasi tersebut telah dikumpulkan. Tetapi, para pewawancara  yang efektif seharusnya berbicara  tidak lebih dari 25% waktu dalam wawancara yang menyeluruh.
v  Teknik-teknik tanya jawab yang digunakan oleh seorang pewawancara dapat dan memang mempengaruhi jenis dan kualitas informasi yang didapat secara  signifikan. Deskripsikan, siapakah, apa, kapan, mengapa, ceritakan, bagaimana, dan yang mana, semuanya merupakan  cara yang baik untuk memulai pertanyaan-pertanyaan yang akan menghasilkan jawaban yang lebih panjang dan jawaban lebih informatif.
Pewawancara yang efektif menghindari respons mendengarkan, seperti mengangguk, berhenti sebentar, mengucapkan kata-kata sambil lalu, mengulang kata-kata, dan menirukan kata-kata atau tingkah laku. Pelamar-pelamar mungkin berusaha untuk menyenangkan para pewawancara dan memandang respons mendengarkan para pewawancara sebagai isyarat. Para pewawancara seharusnya memberikan komentar yang netral, mengakui respons, atau menggunakan jawaban, seperti “Itu adalah informasi yang menarik dan berguna.”
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan . Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.