MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA GLOBAL



Globalisasi telah memberikan pengaruh yang kuat terhadap manajemen sumber daya manusia dan telah menimbulkan banyak masalah seperti berikut;
v  Bagaimana seharusnya penyusunan ketenagakerjaan bagi suatu perusahaan yang mempunyai kegiatan operasi di banyak tempat di dunia?
v  Bagaimana tenaga kerja tersebut akan direkrut, diseleksi, dilatih, dikompensasi dan dikelola?
v  Karakteristik apa dari negara yang harus dipertimbangkan yang akan mempengaruhi sumber daya manusia?
Dari beberapa masalah yang telah disebutkan di atas, dapat diketahui bahwa globalisasi manajemen sumber daya manusia merupakan proses mempekerjakan, mengembangkan dan menguntungkan orang-orang dalam organisasi internasional atau global. Hal tersebut menyangkut manajemen orang-orang di seluruh dunia, bukan hanya meninggalkan negara asal. Organisasi yang menjalankan bisnis secara internasional dapat berkembang dari organisasi yang terlibat dalam aktivitas impor dan ekspor, menjadi perusahaan multinasional, dan berubah menjadi organisasi global.
Impor dan ekspor: menjual dan membeli barang dan jasa dengan organisasi-organisasi di negara-negara lain.
Perusahaan multinasional: sebuah organisasi yang memiliki unit-unit operasi yang berlokasi di negara-negara asing.
Organisasi global: sebuah organisasi yang memiliki unit-unit perusahaan di beberapa negara yang digabungkan menjadi satu untuk beroperasi di seluruh dunia.
Perusahaan internasional memiliki hak sentral yang tinggi dengan kontrol yang ketat. Globalisasi manajemen SDM juga melibatkan sejumlah persoalan ketidakhadiran saat kegiatan perusahaan terbatas pada satu negara. Persoalan ini terdiri dari berbagai model organisasi internasional yang ada, sejauh mana kebijakan dan praktek manajemen sumber daya manusia bervariasi di berbagai negara, masalah pengelolaan dalambudaya dan lingkungan yang berbeda, dan pendekatan yang digunakan untuk memilih, menyebarkan, mengembangkan dan memberi penghargaan ekspatriat yang bisa menjadi warga negara dari perusahaan induk atau 'warga negara ketiga'.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja.