TRANSISI SUMBER DAYA MANUSIA


Transisi SDM - Pelatihan dengan Dasar Web
Pesatnya perkembangan penggunaan Internet saat ini mengubah cara bagaimana pelatihan dilaksanakan dalam suatu organisasi. Semakin banyaknya karyawan yang menggunakan komputer dan telah mengakses ke gerbang (portal) Internet, membuat para pimpinan melihat dunia WEB sebagai sarana untuk mendistribusikan pelatihan kepada para karyawan yang ditempatkan dalam pekerjaan dan lokasi kerja yang tersebar luas.
Tidaklah mengejutkan bahwa perusahaan yang berorientasi teknologi menggunakan pelatihan dengan WEB ini. Di Sun Microsystems, para karyawan mengakses WEB dan jaringan di dalam perusahaan (Internet) untuk belajar menggunakan paket-paket perangkat lunak (Software) yang standar. Bay Networks mengadakan pelatihan sebelum penjualan dengan menggunakan WEB untuk para perwakilan tenaga penjualan di seluruh negeri. Dalam pelatihan ini, presentasi audio dan presentasi slide dari grafik digunakan untuk menyediakan informasi bersifat teknis kepada perwakilan tenaga penjualan di perusahaan. Para pelatihan professional Bay Networks memperkirakan bahwa pelatihan dengan WEB ini dapat menghemat sedikitnya $350 per hari per orang hanya untuk biaya perjalanan dan penginapan. Keuntungan lainnya adalah para tenaga penjualan perusahaan dapat tinggal di rumah untuk suatu pelatihan daripada harus menghabiskan waktu jauh dari keluarga mereka dan kantor.
Pentingnya pelatihan dengan WEB telah diikuti oleh pemerintah juga. American Learning Exchange (ALX) telah didirikan oleh Departemen Tenaga Kerja di Amerika, oleh beberapa Negara bagian dan Public Broadcasting Corporation (Perusahaan Penerangan Negara). Mulai beroperasi pada tahun 1998, ALX mulai dengan menyediakan kepada  para karyawan dan pihak sumber WEB (Web Source)  lainnya untuk sarana pelatihan. Kursus-kursus maupun materi dari pelatihan, baik pelatihan bersifat online maupun bentuk pelatihan bentuk lainnya dibentuk dalam bentuk katalog. Tidak ada biaya untuk mereka yang mendata program pelatihan secara detail atau mengakses ALX untuk mencari informasi. Sekali informasi yang khusus ditemukan, praktisi di bidang Sumber Daya Manusia dapat tersambung dalam situs-situs lain untuk informasi lebih rinci dari sarana pelatihan yang khusus.
(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan . Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.