Dampak Positif Teknologi terhadap Perkembangan ekonomi

 Dampak Positif Teknologi terhadap Perkembangan ekonomi
1.      Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informasi dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II (periode 2009–2014), mengatakan bahwa  pengembangan Information Communication Technology (ICT) dapat mendorong pertumbuhan ekonomi jadi lebih cepat. “Sebab, setiap adanya tambahan investasi (investasi teknologi_pen) sebesar satu persen, memberikan dampak pertumbuhan ekonomi tigasampai limapersen”,ucapnya.
Tifatul juga mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa pertumbuhan ekonomi terbesar juga berasal dari bidang teknologi. "Angkanya yaitu sekitar 13 persen”, ujarnya.
2.      Terjadinya industrialisasi.
Pertumbuhan ekonomi di Paris dan Roma sejak awal masehi hingga abad 16 relatif tidak berubah. Namun ketika teknologi menjadi ‘panglima’ perkembangan kedua kota tersebut sangat pesat seperti terlihat sekarang ini.
Industrialisasi juga mengubah wajah Inggris dengan tumbuhnya kota–kota industri seperti Liverpool, Manchester, Birmingham dan lainnya. Pertumbuhan ekonomi melalui Revolusi Industri menyisakan permasalahan dibidang SDM antara lain upah buruh yang rendah, jaminan sosial yang buruk, dan jam kerja yang tidak sesuai.
Revolusi Industri menimbulkan dampak yang mendorong terjadinya revolusi sosial yaitu gerakan masyarakat yang berkeinginan mengubah kehidupan masyarakat kepada taraf yang lebih baik. Pemerintah Inggris menanggapi keadaan ini dengan cara mengeluarkan undang-undang Hak Asasi Manusia seperti Reform Bill 1832, Abolition Bill 1832, dan Factory Bill 1833. Reform Bill adalah peraturan pemerintah yang berisi tentang hak-hak yang diperoleh pekerja dalam parlemen. Factory Bill berisi tentang larangan penggunaan tenaga kerja wanita dan anak-anak. Sementara Abolition Bill berisi tentang penghapusan perbudakan.  Pesan penting dari sejarah Revolusi Industri adalah perlunya mengelola SDM secara profesional.
3.      Produktivitas dunia industri semakin meningkat.
Dampak Positif Teknologi terhadap Perkembangan ekonomi
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.
Di negara maju kualitas teknologi yang sudah teruji mampu mendongkrak peningkatan ekonomi negara tersebut. Apalagi didukung oleh arus modal (investasi) yang besar yang mendorong quantum produksi barang / jasa. Jepang, Korea Selatan dan Taiwan adalah contoh nyata bagaimana memadukan aspek teknologi dan kapital (modal / investasi) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negaranya. Ketiga negara tersebut dikenal sebagai Macan Ekonomi Asia. Produk–produk Jepang, Korea dan Taiwan bahkan sudah membanjiri pasar dunia yang membuat negara besar seperti Amerika Serikat perlu mengambil langkah- langkah khusus untuk melindungi produk–produk dalam negerinya.
Sumber : IDE – IDE MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

 (bersambung..)

 Elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja. Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, elha production selama ini banyak membantu siswa untuk mendekatkan mereka dengan cita-citanya, mengetahui minat bakatnya secara utuh dan menelusuri kemampuan siswa yang selama ini tidak mereka sadari.