MENGELOLA KEGIATAN SUMBER DAYA MANUSIA

Manajer dan supervisor bertanggung jawab atas penggunaan sumber daya yang diberikan kepada mereka secara efektif. Kerjasama antara praktisi sumber daya manusia dan manajer lainnya sangatlah penting kepada suksesnya organisasi, apalagi pada saat operasi global. Pada saat organisasi yang lebih kecil tanpa unit sumber daya manusia yang terpisah, kerjasama antara para manajer pada tingkatan yang berbeda dan departemen yang berbeda sangatlah penting jika kegiatan sumber daya manusia dilaksanakan dengan baik.
Evolusi Manajemen Sumber Daya Manusia
Sebelum tahun 1900, menigkatkan kehidupan kerja individual adalah hal utama untuk para reformis. Studi yang dilakukan oleh Frederick W. Taylor dimulai tahun 1885, membantu manajemen mengidentifikasi cara membuat kerja lebih efisien dan tidak melelahkan sehingga meningkatkan produktivitas kerja. Perkembangan organisasi juga telah mengarahkan personalia sebagaisuatu departemen.Sekitar tahun 1910 Frank dan Lillian Gilberth membuat studi tentang rancangan pekerjaan dan efisiensi. The Hawthorne Studiesyang dilakukan oleh Elton Mayo pertengahan tahun 1920-an. Semua studi itu telah mengarah pada perkembangan dan penggunaan counseling dan testing tenaga kerja.
Tahun 1930 sampai dengan 1950-an beberapa usulan tentang hukum tenaga kerja mengarah pada pembentukan serikat tenaga kerja. Tahun 1960 sampai dengan 1980-an, semakin tingginya persyaratan hukum dan kendala yang timbul dari masalah sosial periode tahun 1960-1970 memaksa perubahan drastis pada departemen SDMdibanyak organisasi. Selam tahun 1980-an peran strategis manajemen sumber daya manusia menjadi sangat penting ketika organisasi mengurangi jumlah staf, menutup pabrik dan restrukturisasi.
Selama tahun 1990 restrukturisasi berlanjut. Berikutnya pada Perubahan kependudukan dan kekurangan jumlah tenaga kerja dengan kemampuan yang dibutuhkan akan menjadi lebih penting. Terkait dengan perubahan kependudukan, MSDMharus memecahkan masalah dan implikasi dari keanekaragaman tenaga kerja. Akhirnya, perkembangan pada isu menyangkut hak - hak tenaga kerja akan mempengaruhi kegiatan sumber daya manusia.
MENGELOLA KEGIATAN SUMBER DAYA MANUSIA



 (Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja. Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.