Manajemen Sumber Daya Manusia

Tantangan-Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia
Lingkungan yang dihadapi oleh manajemen sumber daya manusia sangatlah menantang, perubahan yang cepat dan meliputi masalah yang sangat luas. Penelitian oleh Hudson Institude dalam bukunya Workforce 2020, telah menitikberatkan masalah-masalah penting meyangkut tenaga kerja. Dari penelitian tersebut dan sumber-sumber lain, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh manajemen Sumber Daya Manusia yaitu :
·         Perekonomian dan perkembangan teknologi
·         Ketersediaan dan kualitas tenaga kerja
·         Kependudukan dengan masalah-masalahnya
·         Restrukturisasi organisasi
Perekonomian dan Perkembangan Teknologi
Perekonomian dan perkembangan teknologi merupakan faktor yang cukup penting dalam memajukan suatu organisasi. Karena dalam perekonomian tersebut yang menentukan maju atau tidaknya suatu organisasi.
Di jaman modern seperti sekarang ini, teknologi adalah suatu keniscayaan. Ibarat dua sisi mata uang, teknologi merambah hampir semua lini kehidupan manusia peran teknologi banyak menggantikan peran tenaga manusia dalam sistem manual. Di sisi lain, manusia sangat membutuhkan teknologi sebagai alat bantu praktis untuk memudahkan segala jenis pekerjaannya.
Dalam transaksi perbankan misalnya, Automatic Teller Machine (ATM) telah menggantikan posisi teller manusia yang dapat diakses 24 jam. Transaksi online antar nasabah, internet banking dan sms banking memungkinan seorang nasabah bertransaksi tanpa harus bertatap muka, baik dengan pihak bank maupun antar nasabah.
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia

Dalam bidang pemerintahan, teknologi juga sudah menjadi sentra dalam proses dan lalu lintas kegiatan. Pembayaran pajak online, pembuatan e-KTP, komputerisasi pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan lain–lain adalah bukti betapa vital peran teknologi dalam mentransfer kemudahan aktivitas manusia.
Dunia pendidikan pun tak mau kalah. Mereka ‘merenovasi’ hampir semua struktur dan kurikulum serta menyesuaikannya dengan kemajuan teknologi itu sendiri. Misalnya: mata kuliah akuntansi dikembangkan menjadi sistem akuntasi komputer, manajemen dilebarkan menjadi sistem informasi manajemen dan lainnya. Demikian juga dalam struktur pendidikan, mereka membuat departemen khusus untuk menyelami perkembangan teknologi. Intinya tekonologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia.
Pada sistem katalisasi perekonomian dunia, salah satu parameter pengukuran kondisi ekonomi suatu negara adalah perkembangan teknologi di negara tersebut, termasuk didalamnya pengembangan dan distribusi informasi. Semakin tinggi perkembangan teknologi suatu negara maka semakin tinggi pula tingkat pertumbuhan ekonominya. Kita lihat perkembangan ekonomi di negara–negara Eropa dan Amerika. Pergerakannya diawali ketika terjadi Revolusi Indrustri pada tahun 1700 di Virginia, dimana tenaga manusia mulai digantikan oleh tenaga mesin. Sejak masa itu, pergerakan kemajuan ekonomi di Eropa dan Amerika menjadi Economic Quantum Leaf (bersambung..)

 Elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja. Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, elha production selama ini banyak membantu siswa untuk mendekatkan mereka dengan cita-citanya, mengetahui minat bakatnya secara utuh dan menelusuri kemampuan siswa yang selama ini tidak mereka sadari.