Mengelola Karier Ganda


Sepertinya semakin banyak wanita bekerja dan mengejar karier, organisasi akan menghadapi masalah yang terus meningkat dari adanya karier ganda. Pada masa lalu, banyak perusahaan dunia tidak mempekerjakan keduanya, suami dan istri. Sekarang ada begitu banyak pasangan karier ganda di tempat kerja, dimana organisasi dengan aktif mencari cara-cara untuk menampung tekanan unik yang ada ketika keduanya berasal dari suatu rumah tangga yang sama. Satu kesulitan muncul ketika salah satu anggota dari pasangan karier ganda ditawarkan promosi yang berhubungan dengan relokasi. Penempatan individu ini merupakan suatu keadaan sulit sebab tawaran promosi mempertimbangkan kesuksesan untuk banyak manajer-manajer. Namun, banyak orang-orang berpotensi menjadi rugi, jika organisasi juga tidak fleksibel, banyak organisasi sekarang menerapkan program perencanaan karier khusus untuk pasangan karier ganda.
Counseling relokasi pasangan karier, kenyataannya menjadi bagian penting dari banyak program ini. Isu-isu paternity leavesjuga meningkat untuk pasangan karier ganda. Berikut adalah beberapa isyarat untuk organisasi berhadapan dengan pasangan karier rangkap:
v  Sebuah organisasi seharusnya melakukan suatu survey terhadap karyawan-karyawan dengan mengumpulkan statistik dan informasi mengenai peristiwa karier ganda saat ini dan proyeksi tenaga kerja. Survey seharusnya menentukan; (a) berapa banyak karyawan-karyawan saat ini berada di situasi karier rangkap ganda, (b) berapa banyak orang-orang diwawancarai untuk posisi pada situasi karier ganda, (c) di mana dan di level apa dalam organisasi karyawan-karyawan karier ganda berada, (d) konflik apa yang dipunyai karyawan-karyawan sekarang, dan (e) apakah karyawan-karyawan karier ganda menerima kebijaksanaan perusahaan dan praktek untuk membantu karier mereka dan karier-karier dari pasangan mereka.
v  Perekrut seharusnya memikirkan metode yang menampilkan keadaan realistik saat ini, dari apa yang perusahaan tawarkan ke pasangan karier ganda. Sesi orientasi yang dilaksanakan oleh departemen HR seharusnya termasuk informasi yang membantu seperti mengidentifikasi potensi masalah pasangan.
v  Kebijakan mengenai pengembangan karier dan transfer harus ditinjau kembali. Ketika kebijaksanaan biasanya berdasarkan pada keluarga tradisional satu karier, mereka tidak sesuai  untuk situasi karier ganda. Kuncinya adalah menyediakan lebih fleksibel.
v  Perusahaan seharusnya mempertimbangkan penyediaan pasangan karier ganda dengan bantuan khusus dalam manajemen karier. Pasangan terutama kurang persiapan untuk menghadapi masalah yang terajadi  oleh dua karier. Ketika istri berpenghasilan lebih dari suami mereka, pernikahan sering berhadapan dengan ketegangan dan dibutuhan sebuah penyesuaian.
v  Organisai  dapat menetapkan penyusunan kerjasama dengan organisasi lain. Ketika sebuah organisasi ingin merelokasi mitra karier ganda, kerjasama antar organisasi dapat digunakan untuk mempekerjakan mitra yang lain.
v  Sebagian besar langkah penting yang segera adalah untuk membangun fleksibelitas jam bekerja. Mengijinkan pasangan secara istimewa untuk menyusun jadwal kerja mereka sehingga cocok dengan permintaan keluarga adalah suatu cara efektif untuk menghadapi beberapa masalah dari mengelola keluarga karier ganda.
Permasalahan pasangan karier ganda lainnya yang penting adalah ketika merelokasi salah satu pasangan ke luar negeri. Banyak faktor seperti pulang ke rumah, tambahan keuntungan liburan, pelatihan budaya keluarga dan koneksi elektronik seperti e-mail harus menjadi pertimbangan. Isu-isu seperti penyesuaian, stress dan jarak akan menjadi serius. Berhubungan secara kreatif dengan ekspatriat karier ganda adalah penting dilakukan sebelum penugasan.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan . Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, minat training,workshop, seminar, coaching peningkatan kinerja manajemen.

 hubungi ulan-elhaPro 082199269136 Semoga bermanfaat.