KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI


Kepuasan kerja adalah keadaan emosi yang positif dari mengevaluasi pengalaman kerja seseorang. Sedangkan, komitmen organisasional adalah tingkat kepercayaan dan penerimaan tenaga kerja terhadap tujuan organisasi dan mempunyai keinginan untuk tetap ada di dalam organisasi tersebut. Penelitian menyatakan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasional cenderung mempengaruhi satu sama lain. Karena kepuasan setiap tenaga kerja (orang) sangat bervariasi atau berbeda-beda yang mengakibatkan sulitnya bagi pemberi kerja  untuk mengukur kepuasan tersebut.
Metode yang sering dilakukan oleh perusahaan dalam mengukur kepuasan kerja yaitu
metode survey kepuasan kerja tenaga kerja. Survey kepuasan adalah suatu prosedur yang diterapkan untuk menghimpun perasaan pegawai tentang pekerjaan dan lingkungan kerja mereka. Dengan adanya penelaahan tentang kepuasan kerja dan survey kepuasan kerja yang dilakukan oleh perusahaan (manajer) dapat digunakan  untuk penilaian kepuasan kerja. Apabila tenaga kerja puas, maka ada beberapa biaya yang dapat dipangkas, misalnya terjadi penurunan ketidakhadiran (absensi), turnovertenaga kerja, serta yang jelas ada peningkatan produktivitas tenaga kerja.