Keuntungan dan Kerugian Pekerjaan Tim


Dalam pekerjaan tim ada keuntungan serta kerugian yang dapat dirasakan. Keuntungan dari kerja tim adalah produktivitas yang meningkat, keterlibatan tenaga kerja yang semakin besar, dan lebih banyaknya pembelajaran tenaga kerja. Sedangkan, beberapa kerugian dari kerja tim adalah banyak pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan pekerjaan tim, tekanan dari teman-teman seangkatan pada satu tim yang sering membuat tidak etis.
Diantaranya keuntungan dan kerugian pekerjaan tim sebagai berikut:
Keuntungan
a.       Menyediakan dukungan bagi yang membutuhkan dan mengakui ketertarikan dan pencapaian orang lain.
b.      Bekerja tim lebih fleksibel dan tanggap untuk merubah kejadian dan permintaan. Tim dapat mengatur pendekatannya pada informasi baru dan tantangan dengan kecepatan, ketepatan dan efektivitas yang lebih besar daripada yang dapat individu lakukan dalam lingkup organisasi yang luas.
c.       Performa tinggi dari tim menyimpan banyak waktu dan usaha untuk memeriksa, membentuk dan menyetujui tujuan yang ada diantara tim secara bersama dan perorangan. Di dalam tim akan terasa perjanjian yang mendalam akan perkembangan dan kesuksesan.
Kerugian
a.       Atmosfir kerja akan terasa tegang dan sangat formal
b.      Terlalu banyak diskusi yang membuat tidak dapat kemanapun sebelum diskusi selesai
c.       Anggota tim tidak terlalu mengerti apa yang mereka lakukan dan standar yang ingin mereka capai
d.      Keputusan tidak dibuat oleh keseluruhan anggota tim, yang akan mengakibatkan adanya pihak yang kurang puas atas keputusan yang diambil
e.       Adanya beberapa anggota yang tidak mampu mengeluarkan pendapatnya.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja.