Model Karakteristik Pekerjaan

Karakteristik Pekerjaan
Hackman dan Oldman mengidentifkasikan lima desain karakteristik penting suatu pekerjaan yang disebut model karakteristik pekerjaan. Gambar 3-3 menunjukkan bahwa macam-macam kemampuan, identitas tugas, dan arti tugas mempengaruhi berartinya pekerjaan. Otonomi merangsang tanggung jawab, dan umpan balik memberikan pengetahuan akan hasil.
           
Model Karakteristik Pekerjaan



Gambar Model Karakteristik Pekerjaan

Menurut teori karakteristik pekerjaan ini, sebuah pekerjaan dapat melahirkan tiga keadaan psikologis dalam diri seorang tenaga kerja yakni mengalami makna kerja, memikul tanggung jawab akan hasil kerja, dan pengetahuan akan hasil kerja. Akhirnya, ketiga kondisi psikologis ini akan mempengaruhi motivasi kerja secara internal, kualitas kinerja, kepuasan kerja, ketidakhadiran dan perputaran tenaga kerja. Keadaan psikologis kritis ini dipengaruhi oleh dimensi inti dari sebuah pekerjaan yang terdiri dari keragaman keahlian, identitas tugas, signifikansi tugas, otonomi tugas dan umpan balik.
Karakteristik pekerjaan seorang tenaga kerja jelas terlihat desain pekerjaan seorang tenaga kerja. Desain pekerjaan menentukan bagaimana pekerjaan dilakukan, oleh karena itu sangat mempengaruhi perasaan tenaga kerja terhadap sebuah pekerjaan, seberapa pengambilan keputusan yang dibuat oleh tenaga kerja kepada pekerjaannya, dan seberapa banyak tugas yang harus dirampungkan oleh tenaga kerja.
Rendahnya kepuasan kerja dapat menimbulkan berbagai dampak negatif seperti mangkir kerja, mogok kerja, kerja lamban, pindah kerja dan kerusakan yang disengaja. Tenaga kerja yang tingkat kepuasannya tinggi akan rendah tingkat kemangkirannya dan demikian sebaliknya, organisasi-organisasi dengan tenaga kerja yang lebih terpuaskan cenderung lebih efektif dari pada organisai-organisasi dengan tenaga kerja yang tak terpuaskan sehingga dapat meningkatkan produktivitas organisasi dan salah satu penyebab timbulnya keinginan pindah kerja adalah kepuasan pada tempat kerja sekarang.

(Bersambung…)
… Daftar Kepustakaan
Lukman Hakim, MSDM (2014)

Nah ,,,  . sharing belajar hari ini sampai disini dulu,
elha Production yang bergerak dalam bidang training pendidikan hadir menjadi mitra bagi sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan untuk mempersiapkan mereka saat masuk kedunia kerja.