Pengertian SDM Menurut Para Ahli Manajemen

Pengertian SDM dapat dibagi menjadi dua, yaitu pengertian mikro dan makro. Pengertian SDM secara mikro adalah individu yang bekerja dan menjadi anggota suatu perusahaan atau institusi dan biasa disebut sebagai pegawai, buruh, karyawan, pekerja, tenaga kerja dan lain sebagainya. Sedangkang pengertian SDM secara makro adalah penduduk suatu negara yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja.
Mari kita lihat menurut pendapat para ahli.
Sumber Daya Manusia

Sonny Sumarsono (2003, h 4), Sumber Daya Manusia atau human recources mengandung dua pengertian. Pertama, adalah usaha kerja atau jasa yang dapat diberikan dalam proses produksi. Dalam hal lain SDM mencerminkan kualitas usaha yang diberikan oleh seseorang dalam waktu tertentu untuk menghasilkan barang dan jasa. Pengertian kedua, SDM menyangkut manusia yang mampu bekerja untuk memberikan jasa atau usaha kerja tersebut. Mampu bekerja berarti mampu melakukan kegiatan yang mempunyai kegiatan ekonomis, yaitu bahwa kegiatan tersebut menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan atau masyarakat.
Hasibuan (2003, h 244) Pengertian Sumber Daya Manusia adalah kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu. Pelaku dan sifatnya dilakukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kepuasannya.
Di lain pihak manajemen mencakup fungsi-fungsi perencanaan (penetapan apa yang akan dilakukan), pengorganisasian (perencanaan dan penugasan kelompok kerja), penyusunan personalia (penarikan, seleksi, pengembangan, pemberian kompensasi, dan penilaian prestasi kerja), pengarahan (motivasi, kepemimpinan, integrasi, dan pengelolaan konflik) dan pengawasan.
M.T.E. Hariandja (2002, h 2) Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan disamping faktor yang lain seperti modal. Oleh karena itu SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.
Definisi Sumber Daya Manusia Menurut Pakar Luarnegeri
“Sumber Daya Manusia “ menurut Mathis dan Jackson (2006, h.3) SDM adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.Demikian pula menurut The Chartered Institute of Personnel and Development (CIPD) dalam Mullins (2005). Sumber Daya Manusia dinyatakan sebagai strategi perancangan, pelaksanaan dan pemeliharaan untuk mengelola manusia untuk kinerja usaha yang optimal termasuk kebijakan pengembangan dan proses untuk mendukung strategi.
Mary Parker Follett Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu seni untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Definisi ini, yang dikemukakan oleh Mary Parker Follett, mengandung arti bahwa para manajer mencapai tujuan-tujuan organisasi dan Manajemen Pelatihan melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlakukan, atau dengan kata lain dengan tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Elha Production Menyediakan Jasa Pelatihan Karyawan

Elhapro juga memberikan fasilitas pelatihan SDM dan Pelatihan Karyawan dalam bentuk in house training, baik itu dengan materi yang telah ada maupun untuk materi pelatihan yang bersifat khusus. Selain pelatihan SDM dan pelatihan karyawan yang ditujukan untuk perusahaan, kami juga memiliki materi pelatihan untuk masyarakat umum dan pelatihan untuk remaja dan pelajar.
Sebagai komitmen kami dalam pengembangan SDM, selain melayani pelatihan SDM dan Pelatihan Manajemen, kami juga melayani permintaan outbound untuk perusahaan, instansi, sekolah maupun komunitas. Berbagai jenis kegiatan outbound dengan berbagai materi yang sesuai dengan kebutuhan dapat kami laksanakan sehingga kegiatan outbound tersebut tidak hanya sebagai media pengganti pelatihan SDM dan pelatihan karyawan, namun juga sebagai media refreshing bagi setiap pesertanya
Elhapro Dibimbing oleh trainer kompeten dari LPPI dan Mandiri, Hubungi kami : ULAN 085716168790 Jika info layanan jasa Pelatihan Sdm SDM tersedia di website ini , Bukankah sebaiknya segera menghubungi kami hari ini juga?